Seminar Metodologi Penelitian Kuantitatif

Seminar metodologi penelitian ini sebagai salah upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan dalam kegiatan penelitian. Yang mana hal tersebut merupakan salah satu kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang harus dipenuhi. Seperti kita ketahui bahwa penelitian pada dasarnya memiliki kontribusi yg besar bagi peradaban bangsa. Tentunya hal ini harus disesuaikan dengan perkembangan jaman, terutama publikasi penelitian. Hal ini menjadi tantangan bagi kita bersama terutama bagi Dosen dan Mahasiswa.

Acara ini diikuti oleh Pimpinan Universitas, Dosen dan Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Satya Negara Indonesia. Total Peserta Seminar daring adalah sebanyak 248 peserta.

Rangkaian acara dimulai pada pukul 08.00 wib, dimulai dengan Registrasi peserta.  Rangkaian acara pembukaan oleh MC yaitu Ibu Indira Shinta Dewi selaku pemandu acara, lalu dilanjutkan dengan Doa dan Menyanyikan lagu Indonesia Raya. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Panitia yaitu Ibu Nia Tresnawaty, SE.,M.Ak dan Dekan Fakultas Ekonomi & Bisnis yaitu Bpk. G.L.Herry Prasetya, SE.,MM.

Setelah rangkaian acara pembukaan selesai maka dilanjutkan dengan pemaparan materi pada sesi I oleh Ibu Dr. Meifida Ilyas, SE., M.Si., AK.,CA., CSRS, CSRA selaku salah satu narasumber yang dipandu oleh Moderator yaitu Ibu Christina, SE.,M.Si. Dalam sesi I ini dipaparkan terkait hal-hal dasar dalam metodologi penelitian dari mulai menentukan topik dan masalah dalam riset, fenomena, perumusan masalah, hasil penelitian hingga kesimpulan dalam suatu penelitian atau riset yang dilakukan. Di dalam sesi I ini terjadi interaksi antara narasumber dengan peserta sehingga menimbulkan antusias dari peserta atas pertanyaan ringan yang dilontarkan oleh narasumber.

Kemudian setelah sesi I selesai maka dilanjutkan sesi II dilanjutkan pemaparan oleh Bapak Dr. Yudhi Herliansyah, SE.,Ak.,M.Si.,CA.,CSRS,   CSRA.,CPA. Karena salah satu target dalam seminar daring ini adalah Mahasiswa tingakt akhir yang sedang menyusun Skripsi, maka di sesi II diberikan materi yang terkait metodologi penelitian secara terstruktur. Materi dalam sesi ini terkait proses penelitian, konsep terkait tujuan riset, hingga jenis-jenis variabel penelitian dan juga alat uji yang digunakan dalam penelitian.

Setelah sesi pemaparan dari para nasrasumber maka selanjutnya dalah sesi tanya jawab. Pada sesi tanya jawab ini peserta mengajukan pertanyaan dan kemudian semu apertanyaan yang masuk dicatat oleh moderator dan kemudian disampaikan kepada narasumber. Terlihat begitu antusiasnya peserta, hal tersebut dapat dilihat dari banyaknya pertanyaan yang masuk baik dari Dosen maupun Mahasiswa.

Kemudian setelah sesi tanya jawab maka dilanjutkan acara menyerahkan sertifikat kepada para narasumber secara online dan di sesi terakhir adalah photo bersama dengan seluruh peserta yang ada di zoom meeting.

 

Acara berjalan dengan lancar dan berakhir pada pukul 13.30 WIB.

Berdasarkan dari kegiatan Seminar Daring Metodologi Penelitian ini diharapkan semua peserta dapat lebih baik lagi dalam melakukan penelitian semoga dapat bermanfaat bagi Dosen melaksanakan penelitian dan juga mahasiswa dalam menyelesaikan Tugas Akhir.