Seminar Strategi Pemasaran Digital Produk UKM Fakultas Ekonomi

Usaha Kecil Menengah (UKM) adalah usaha ekonomi produktif yang berdiri sendiri, yang dilakukan oleh orang perorangan atau badan usaha yang bukan merupakan anak perusahaan yang dimiliki, dikuasai atau menjadi bagian baik langsung maupun tidak langsung dari usaha menengh atau usaha besar yang memenuhi kriteria usaha kecil.

Media sosial berpotensi untuk membantu pelaku UMKM dalam memasarkan produknya (Stelzner, 2012).Media sosial didefinisikan sebagai sekelompok aplikasi berbasis internet yang menciptakan fondasi ideologi dan teknologi dari Web 2.0 yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user generated content (Stockdale, Ahmed, & Scheepers, 2012). Aplikasi media sosial tersedia mulai dari pesan instan hingga situs jejaring sosial yang menawarkan pengguna untuk  berinteraksi, berhubungan, dan berkomunikasi satu sama lain.

Maka dari itu, Fakultas Ekonomi mengadakan seminar dengan tema “Strategi Pemasaran Digital Produk-Produk UKM” dengan mengundang Syarif Hidayat (Dewan Pimpinan Pusat Gerakan Kewirausahaan Nasional (GKN) Indonesia), dan Dr. Agus Wahyono,SE,.MM (Dosen Tetap FE Usni) sebagai pembicara ke-2, Yang diadakan pada hari Kamis, 12 Desember 2019 yang berlokasi di Ruang L 212 (MM) Universitas Satya Negara Indonesia.

Sosialisasi strategi digital marketing dalam bentuk pemanfaatan media sosial sangatlah penting karena dapat memberi pengetahuan kepada para pelaku UMKM mengenai cara maupun tahapan dalam memperluas jaringan konsumen melalui pemanfaatan media sosial dalam memasarkan produknya sehingga dapat meningkatkan keunggulan bersaing bagi UMKM itu sendiri.

Minimnya pengetahuan pelaku UMKM mengenai digital marketing menginspirasi tim Pengabdian kepada Masyarakat untuk menyampaikan sosialisasi dan memberikan pelatihan mengenai penggunaan teknologi informasi dan komunikasi ini. Jika pelaku UMKM paham akan pentingnya digital marketing bagi usaha mereka, diharapkan mereka akan termotivasi untuk menggunakan digital marketing sebagai sarana komunikasi dan promosinya, serta dapat mempraktikkannya secara langsung dengan memanfaatkan media sosial.

Akreditasi Instistusi Kampus Universitas Satya Negara Indonesia telah terakreditas B dengan beberapa Fakultas yakni, Fakultas Teknik dengan Prodi yang telah terakreditas B yakni Prodi Teknik Informatika (S1), Prodi Teknik Lingkungan (S1), Prodi Sistem Informasi (S1), Prodi Manajemen Inforkatika (D3), Fakultas Perikanan dan Perairan dengan Prodi yang telah terakreditas B yakni Prodi Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (S1), Prodi Budidaya Perairan (S1), Fakultas Ekonomi dengan Prodi yang telah terakreditas B yakni Prodi Akuntansi (S1), Prodi Manajemen (S1), dan Fakultas Fisip dengan Prodi yang telah terakreditas B yakni Prodi Ilmu Hubungan Internasional (S1), Prodi Ilmu Komunikasi (S1), dan Prodi Hukum (S1) (proses Akreditasi) serta Program Pascasarjana Magister Manajemen (S2) (Proses Akreditasi).