Infrastruktur Pacu Aktivitas Ekonomi

PEMERINTAH terus mendo­rong pertumbuhan sarana dan prasarana transportasi yang aman dan nyaman bagi masyarakat. Bahkan, pemerintah tengah mengupayakan sejumlah infrastruktur penunjang untuk mendorong percepatan aktivitas perekonomian.


Demikian Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam Indonesia Outlook 2017: Membangun Per­adaban Transportasi Indonesia yang diselenggarakan Media Group di Hotel Borobudur, Jakarta, kemarin.


“(Pembangunan) infrastruktur tidak boleh berhenti dan perlu didukung teknologi untuk menjawab persoalan bangsa. Apabila berkaitan dengan kemacetan karena jumlah kendaraan membeludak itu merupakan ciri negara maju,” kata Kalla.


Wapres berharap pelaku bisnis jangan melihat Indonesia hanya dari tingkat kesulitannya. “Kalau Indonesia sudah teratur semua, ndak ada bisnis lagi. Karena tidak teratur, banyak kesempatan bisnis. Berpikirlah seperti Go-Jek, Uber, dan Grab yang melihat kemacetan itu bisnis.”


Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menambahkan, membangun peradaban transportasi ialah mengurai dan memperkecil kemacetan di kota besar seperti Jakarta. “Untuk moda KA di Jakarta kami bangun MRT dan LRT guna mengatasi kemacetan serta menghubungkan dengan kota-kota penyangga.” (Adi/X-3)